Setelah Menikah Nanti Tetap Menjadi Wanita Karir Atau Ibu Rumah Tangga?

04.38.00

kebelet kawin

“Setelah menikah, kamu tetap kerja atau fokus menjadi Ibu Rumah Tangga?”

Kalimat pertanyaan yang biasa dilontarkan orang-orang setelah kita menikah, apalagi bagi para pengantin baru dan muda. Jaman dulu, wanita yang sudah menikah otomatis menjadi Ibu Rumah Tangga seutuhnya, tapi seiring berjalannya waktu semua pun berubah. Sudah banyak wanita yang menikah namun tetap menjadi wanita karir dan nggak menjadi Ibu Rumah Tangga seutuhnya yang setiap waktu ada di rumah. Faktor utama biasanya karena ekonomi rumah tangga yang belum stabil, masih mengejar target beli ini dan itu untuk masa mendatang, serta faktor-faktor lain yang biasa dialami oleh para pengantin baru.

Menjadi wanita karir atau fokus menjadi Ibu Rumah Tangga itu nggak ada yang salah. Toh bila kamu bisa mengatur dengan baik, kamu bisa menjadi wanita karir sekaligus Ibu Rumah Tangga yang baik bagi suami dan anakmu kelak, ya kan?

Bila setelah menikah tetap menjadi wanita karir

kebelet kawin

Bagi kamu yang sebelum menikah sudah bekerja, pastinya akan berpikir untuk meninggalkan pekerjaanmu demi menjadi Ibu Rumah Tangga seutuhnya. Tapi ada juga sih yang nggak, karena merasa sudah cocok sekali dengan pekerjaannya atau memang ingin membantu suami memenuhi ekonomi keluarga yang makin hari makin besar (apalagi kalau sudah punya 'buntut').

Lalu, apa aja sih hal-hal yang akan kamu dapatkan saat tetap menjadi wanita karir? Berikut tim kebeletkawin.com jabarkan untuk kamu:

  1. Koneksi semakin luas banget. Kamu akan banyak menemukan orang-orang baru di dalam hidupmu, baik dari lingkungan kantor dan klien.
  2. Nggak membebankan kebutuhan pribadi kepada suami, soalnya kamu nggak perlu minta duit untuk membeli make up (tahu dong, make up kan mahal), perawatan di salon, arisan, dan lainnya.
  3. Wawasan semakin luas karena kamu akan selalu dikelilingi teman-teman kantor dan klien yang akan selalu berbagi tentang dunia pekerjaan
  4. Memiliki waktu terbatas untuk anak dan keluarga pada hari kerja. Oleh karena itu, pastikan komunikasi lancar dan gunakan akhir pekan sebagai quality time bersama keluarga. 
  5. Lelahnya double, bekerja sekaligus mengurus rumah tangga. Sudah siap, belum?

Bila setelah menikah fokus menjadi Ibu Rumah Tangga.

kebelet kawin


Apa aja sih hal-hal yang akan kamu rasakan dan lakukan ketika memilih fokus menjadi Ibu Rumah Tangga? Berikut tim kebeletkawin.com jabarkan padamu:

  1. Kegiatanmu sebatas masak, cuci, jemur, nyapu, ngepel, nyetrika, gitu-gitu aja setiap hari. Kalau kamu merasa asik-asik aja sih, nggak apa-apa. Kalau kamu punya rezeki lebih, kamu bisa punya Asisten Rumah Tangga dan banyaknya waktu luang bisa dipakai untuk perawatan diri, berkarya (menulis atau bikin resep masak terbaru, hihi), membaca buku parenting, ikutan komunitas mamah-mamah muda, jalan-jalan sama anak ke mal, dan sebagainya.
  2. Sosialisasi hanya di sekitar rumah saja. Kecuali kalau kamu tipe orang yang demennya jalan ke sana ke sini, ya. Tapi kebanyakan sih cuma di rumah aja. Awas bete. Hehehe.
  3. Waktu kamu penuh untuk suami dan anak. Yang terpenting sih, kamu jadi nggak bakal melewatkan tumbuh alami anak.
  4. Bisa mengawasi anak dan mengajarinya 24 jam.
  5. Beban urusan dan mengatur rumah semua kamu yang mengerjakan. Agak pusing sih. Makanya sering-sering Me Time, ya.
  6. Wawasan yang nggak bertambah karena sudah sibuk dengan urusan rumah (kecuali kalau kamu termasuk perempuan yang haus informasi dan selalu menggali wawasan lewat media)


Nah, itulah hal-hal yang perlu dipikirkan untuk memilih tetap menjadi wanita karir atau fokus menjadi Ibu Rumah Tangga bila sudah menikah nanti. Dua-duanya memang punya enak-nggak enaknya tersendiri, namun tentu saja itu semua tergantung pilihan dan kebutuhanmu untuk memilih yang mana. Yang paling penting, kuncinya adalah tetap jaga komunikasi antara kamu dan keluarga. Kalau komunikasinya lancar, tentu hubungan akan selalu hangat, kan?

Kamu pilih yang mana, girls? (NSA)

You Might Also Like

0 komentar

Like Fanpage Kebelet Kawin

Follow Instagram @Kebelet.Kawin

About Us

Kebelet Kawin adalah website renyah yang menyediakan tulisan-tulisan untuk kawula muda yang sudah sabar ditanya, "Kapan Nikah?"

Subscribe