Fresh Graduate: Passion Atau Pernikahan?

05.24.00



Kerjakanlah apa yang kamu cintai, maka kamu tidak akan merasa sedang bekerja. Terdengar menyenangkan, bukan? Yap, bagi kamu para fresh graduate ataupun mahasiswa yang masih unyu dan idealis, mungkin mencari pekerjaan yang sesuai passion sangat wow sekali. Apalagi kalau bisa memasuki era kedewasaan lebih lanjut dengan apa yang kita sukai. Terasa tanpa beban.

Eits, jangan lupa, makin dewasa berarti tanggung jawabmu juga makin banyak. Salah satunya adalah pernikahan kamu nanti.

Buat sebagian cewek sih nggak masalah, tapi di dunia yang masih patriarkis ini, para lelaki dituntut untuk mapan. Bibit, bebet, bobot – inilah yang akan dipertimbangkan camer kamu. Kalau camer menganggap kamu tidak bisa mensejahterakan anaknya, maaf gan kamu susah lolos audisi.

Mencari pekerjaan dengan gaji besar mungkin jadi jawaban instan bagi kamu. Namun, apakah kamu sanggup merelakan passionmu begitu saja? Yakin mau fokus ke pernikahan? Bukankah masih banyak camer lain yang mau nerima kamu apa adanya?

Nah, bagi kamu fresh graduate yang masih bingung, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan antara passion atau karir demi hubungan kamu.

1. Kemampuan Diri
Perhatikan latar belakang pendidikan, soft skill, atau pengalaman yang kamu punya. Demi passion ataupun karir, sebaiknya kamu pilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan kamu. Juga, cari tahu apakah diri kamu bisa berkembang atau tidak nantinya di profesi atau perusahaan tempat kamu bekerja.

2. Kenyamanan
Comfort zone sebaiknya dihindari, meski tak bisa dipungkiri bahwa kenyamanan selalu kita cari. Kalaupun kamu pilih passion, periksa apakah nantinya pekerjaan itu malah bikin passion kamu pudar atau tidak. Nonton film favorit berkali-kali bisa bikin bosan juga, loh.

Sedangkan kalau kamu pilih karir, jangan sampai tekanan di kantor kamu bawa pulang ke kekasih kamu, ya.

3. Penghasilan
Ini bukan soal tajir vs tidak tajir. Sebagai fresh graduate dengan kesempatan yang masih panjang, coba bermimpilah dan pikirkanlah prospek hidup ke depannya. Setidaknya hitung apakah kebutuhan dasar kamu bisa terpenuhi, seperti rumah atau kebutuhan sehari-hari. Selain itu, jangan lupa ditabung dan investasi.

4. Kinerja
Terkadang, ada camer yang tidak melihat kamu sekarang punya apa, tapi besok kamu bisa punya apa. Apapun yang kamu pilih, tunjukkan bahwa kamu adalah seorang pekerja keras dan layak diterima camer kamu.

Oke, semoga para fresh graduate sudah bisa mulai mempertimbangkan karirnya ya. Namun apapun karirnya, jangan lupa jaga hubungan cinta kalian juga! Oke? (DS)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Intinya sih kalo mau idealis, tetep harus realistis. Hehe

    BalasHapus

Like Fanpage Kebelet Kawin

Follow Instagram @Kebelet.Kawin

About Us

Kebelet Kawin adalah website renyah yang menyediakan tulisan-tulisan untuk kawula muda yang sudah sabar ditanya, "Kapan Nikah?"

Subscribe