Alasan-alasan Mengapa Banyak Orang Malu Jadi Single

05.18.00

shy to be single
Malu jadi single?

Single? Maksudnya jomblo?

Banyak orang dengan senangnya mengganti istilah status single dengan jomblo. Ada juga yang bilang kalau single itu pilihan dan jomblo itu nasib. Walaupun maknanya sama aja: tetep sendiri dan belum kawin. Banyak istilah-istilah yang berkembang dari makna kata single itu sendiri. Biar agak lebih modern dan berkelas, yuk coba kita ganti kata “jomblo” yang membahana ini menjadi single.

Sebagian orang ada yang memilih menjadi single dengan berbagai macam alasan. Ada yang beralasan agar lebih fokus membangun masa depan atau lebih fokus menggapai cita-cita untuk menjadi seorang bintang di langit kerlip engkau di sana memberi cahayanya di setiap insan (ciee bacanya sambil nyanyi). Sebagian dari mereka cukup bahagia dengan status mereka yang sekarang. Ada juga dari mereka yang menjalani status single karena berpegang teguh pada ajaran agama. It’s alright. Semua orang punya jalan dan pilihan hidup masing-masing. Tapi, ada juga sebagian orang yang justru malu menyandang status sebagai seorang single.

Sebetulnya gak perlu merasa malu saat kamu menjadi seorang single. Ini hidup kamu, kan? Kamu yang berjuang buat melunaskan segelontor cicilan barang-barang untuk masa depan, kamu yang kerja keras banting tulang, kamu yang menjalani hidup, tetep orang lain yang komentar. Komentar orang lain ini yang bikin kamu malu jadi single. Coba deh pikir lagi, emang yang bantuin kamu bayar cicilan itu orang lain yang doyan komentar sana sini?

Nah, memang gak dapat dipungkiri juga kalau tetep ada sebagian orang yang malu menjadi single. Coba deh perhatiin, pasti selalu ada di antara teman-teman kamu yang baru putus seminggu lalu tapi udah posting foto lagi di social media bareng cowok atau cewek yang berbeda dengan sebelumnya. Bisa jadi, dia mungkin masuk ke kategori orang yang malu jadi single. Loh, memang mengapa sih banyak orang yang malu jadi single? Berikut alasan-alasannya :

Single = Gak Laku

Ini dia salah satu pengertian salah banget yang dianut sebagian orang. Mereka berpikiran bahwa single atau tidak punya kekasih karena memang gak laku. Duh, memang kalau seseorang menjadi single trus ternyata di kejar-kejar banyak orang harus buat jumpa pers dulu gitu untuk mematahkan pemikiran orang lain yang dangkal ini? Tapi tetep aja ya, namanya juga manusia. Ujung-ujungnya ini jadi salah satu alasan kuat seseorang malu menjadi single. Takut dibilang gak laku oleh orang lain.

Terlalu Pemilih

Kelamaan single bikin kamu dihakimi oleh orang lain sebagai seseorang yang pemilih. Padahal belum tentu juga seseorang memilih single karena terlalu banyak memilih kriteria pasangan hidupnya yang harus sempurna sana sini.

Bahan Bully-ing

Ketika kamu single dan kamu punya sahabat yang single juga, percayalah, yang terjadi bukan saling menguatkan tapi saling menjatuhkan alias saling mem-bully satu sama lain. Walaupun no hard feeling, bayangin aja sahabat sendiri aja mem-bully kamu, gimana orang lain? Kalau seseorang memilih menjadi single, dia bisa menjadi sasaran empuk bully-ing orang-orang di sekitarnya. Apalagi semenjak terciptanya Raditya Dika di dunia hiburan tanah air, seorang sponsor utama yang membuat banyak orang akhirnya malu jadi single.

Dibilang Terlalu Asik Sendiri

Namanya juga hidup, selalu ada aja komentar pedas yang bikin seseorang malu jadi single. Padahal niatnya baik, fokus bekerja atau meniti karir karena mau membahagiakan orang tua dulu. Eh malah dibilang asik sendiri, dibilang terlalu mengejar karir, dibilang ini, dibilang itu, duuuh pusing yaaa.

At the end, sebetulnya kamu gak perlu malu kalau kamu lebih memilih menjadi single saat ini. Toh belum tentu juga mereka yang punya pasangan bisa jadi lebih bahagia dari kamu yang single. Hidup itu pilihan, dan akan selalu ada sebagian orang yang terlalu banyak komentar ketimbang memberikan feedback positif dalam hidup kamu. So, berbahagialah dengan apapun yang kamu lakukan selama tidak merugikan orang lain. (NS)  

You Might Also Like

0 komentar

Like Fanpage Kebelet Kawin

Follow Instagram @Kebelet.Kawin

About Us

Kebelet Kawin adalah website renyah yang menyediakan tulisan-tulisan untuk kawula muda yang sudah sabar ditanya, "Kapan Nikah?"

Subscribe